Dr H Muhammad Terpilih Ketua IKA Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Siap Bersinergi dan Berkontribusi Kepada Almamater

Makassar, metro-pendidikan.com. Hajatan Reuni ke-58 dan Musyawarah Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) digelar di Hotel Swiss-Berlinn, Makassar, Ahad (21/1/2024) lalu. Perhelatan tersebut sukses dan juga secara aklamasi memilih Dr H Muhammad, M.Ag sebagai Ketua IKA FUF IAIN/UIN Alauddin Makassar periode 2023-2027

Terpilihnya H Muhammad sebagai Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, terbilang berlangsung cepat. Betapa tidak, ekspektasi dari sebagai besar peserta musyawarah lebih tertuju kepada sosok H Muhammad yang dinilai memiliki kemampuan, integritas dan kapasitas dalam memimpin wadah IKA FUF ke depan.

Dari sembilan formatur untuk memilih Ketua Umum IKA FUF periode akan datang, mayoritas peserta rapat memberi suara mantan Sekretaris Senat Mahasiswa (Sema) Fakultas Ushuluddin dan Filsafat ini. “Tadi ada 9 formatur. Tapi Ketua Umumnya sudah terpilih atas nama Dr H Muhammad M.Ag,” sebut Prof Dr Muhsin Mahfudz, M.Th.I.

Prof Muhsin Mahfudz yang juga Ketua Panitia Reuni dan Musyawarah IKA FUF T ini UINahun 2023 menjelaskan bahwa H Muhammad terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah IKA FUF UIN Alauddin yang digelar di Hotel Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Ahad (21/1/2024).

“Agenda pelantikan rencana akan dilaksanakan dua bulan ke depan. Kini formatur terpilih akan menyelesaikan kepengurusan IKA FUF UIN Alauddin hingga dua pekan ke depan.Jadi acara akan dilakukan 2 bulan dari sekarang. Tadi formatur diminta selesaikan struktur pengurus selama dua minggu ke depan,” ujar mantan Dekan FUF UIN Alauddin Makassar ini.

Sekadar diketahui bahwa Musyawarah IKA FUF UIN Alauddin Makassar tahun ini dihadiri 230-an alumni. Kegiatannya itu mulai dari Jalan santai di Cae Free Day Boulevard, donor darah, pemberian door prize dan musyawarah IKA FUF.

Reuni dan Musyawarah IKA FUF UIN Alauddin Makassar diikuti mulai dari alumni angkatan 1984 hingga 2017. Dalam konteks ini Prof Muhsin Mahfudz menegaskan tujuan utama hajatan reuni alumni ke-58 FUF UIN Alauddin Makassar, bertujuan untuk menjalin kembali silaturahmi dan komunikasi semua angkatan.

Penguatan peran alumni di masyarakat maupun di kampus khususnya almamater, juga menjadi dasar pemikiran pelaksanaan MUSIKA FUF IAIN/UIN Alauddin Makassar kali ini. Prof Muhsin Mahfudz mengatakan, muaranya adalah upaya untuk meningkatkan performa fakultas dan pemberdayaan para alumni di berbagai dunia kerja.

“Kegiatan ini kami anggap penting untuk mengkonsolidasikan dan merekonstruksi akreditasi bak fakultas maupun program studi. Kami di fakultas sering ditanya apa kontribusi alumni kepada almamaternya, “tukas Dekan FUF Alauddin Makassar, Prof Dr Muhaemin, M.Th.I, M.d saat membuka Musyawarah IKA FUF UIN Alauddin Makassar.

Guru Besar Bidang Pemikiran Islam UIN Alauddin Makassar ini mengharapkan, siapa pun yang menjadi pengurus IKA FUF hasil musyawarah tahun ini agar dapat bekerja sama dan saling bersinergi serta berkontribusi positif terhadap fakultas selaku almamaternya.

“Para alumni FUF yang sudah berhasil di berbagai profesi dituntut bahkan memiliki tanggung jawab moral dan intelektual untuk sama-sama mengembangkan serta membesarkan fakultas tersebut,” tandas Wakil Ketua LAKPESDM PWNU Sulsel ini.

Professor termuda dan tercepat di UIN Alauddin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus lama IKA FUF dibawah kepemimpinan H Wahid Hasyim Lukman, S.Ag, M.Si, Ketua Panitia Musyawarah IKA FUF 2023 Prof Muhsin Mahfudz beserta anggota atas kerja samanya yang baik, penuh semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Demikian halnya, juga alumni Tafsir Hadits Angkatan 2006 lalu itu menyampaikan ucapan selamat kepada bapak Dr H Muhammad, M.Ag atas terpilihnya sebagai Ketua Umum IKA FUF IAIN/UIN Alauddin Makassar periode 2023-2027. **

Laporan : Darwis Jamal Takdir

Pos terkait