Camat Bajeng Hadiri Perekaman KTP Bagi Pemilih Pemula di Desa Panciro

Gowa, metro-pendidikan.com. Camat Bajeng, Sitti Haerani Maknun, S.Sos menghadiri perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi pemilih pemula yang berusia 17 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kabupaten Gowa kerja sama dengan KPU Kabupaten Gowa, berlangsung di Kantor Desa Panciro, Selasa (31/10) kemarin.

Demikian diungkapkan Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Panciro, Muh Ainun Nur, S.Kom. Bahkan, ia mengatakan, kegiatan perekaman KTP bagi pemilih pemula tersebut dilakukan secara menyeluruh di semua desa dan kelurahan dalam wilayah Kabupaten Gowa.

Panciro dan Bontosunggu adalah desa terakhir di Kecamatan Bajeng untuk kegiatan perekaman KTP bagi pemilih pemula. “Khusus Desa Panciro tercatat 39 orang yang berhasil diambil gambarnya termasuk sidik jari oleh petugas dari Capil. Mereka nantinya sudah bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 dan datang ke TPS terdekat untuk memilih atau mencoblos pada tanggal 14 Februari 2024,” jelas Ainun didampingi Hastuti, Divisi Partisifasi Masyarakat, PPS Desa Panciro.

Penjelasan serupa, juga disampaikan oleh Camat Bajeng Sitti Haerani. Hanya saja Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Panciro ini mengingatkan kepada pemilih pemula bahwa KTP sebagai identitas resmi dari pemerintah harus tercatat di lembaran negara atau di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Kartu tanda penduduk banyak manfaatnya, selain dipakai pada untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024 mendatang, juga menjadi dokumen resmi bagi kalian apabila berhubungan dengan pelayanan pemerintahan seperti mendapatkan SIM, paspor, berurusan dengan bank dan dunia kerja,” ujar Sitti Haerani didampingi Ketua PPK Bajeng Muh Azwar Hamid.

Pada tempat dan hari sama, PPS Desa Panciro juga menggelar sosialisasi partai politik peserta Pemilu 2024 kepada pemilih pemula. Mereka diperkenalkan 18 Parpol oleh Hastuti, anggota PPS Panciro didampingi Ketua PPS Ainun Nur dan Sekretaris Desa Panciro Abd Rahman.

Ainun Nur menambahkan, sesuai rilis dari KPU Gowa bahwa di Desa Panciro tercatat 5.220 pemilih tetap serta 19 TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Pemilu 2024 mendatang.

Berikut personil PPS Panciro;
Ketua PPS Muh Ainun Nur,
Anggota PPS Divisi Parmas Hastuti, Anggota PPS Divisi Data Rizki Baharuddin, Sekretaris PPS Abd Rahman, Staf Sekretariat PPS M. Ridwan dan Hudzaifah Abdul Yaman.**

Laporan : Darwis Dg Naba

Pos terkait