Pj Walikota Hadiri Soft Launching Klinik Kesehatan IAIN Palopo, Harap Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

PALOPO, metro-pendidikan.com — Sebagai salah satu pengabdian kepada masyarakat, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo melakukan soft launching Klinik Kesehatan yang diresmikan langsung Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof Dr H Ali Ramdhani, S.TP, M.T, Kamis 21 Desember 2023.

Hadir pada acara tersebut Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si, Direktur Diktis Kemenag RI, Prof Dr Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji, M.Ag beserta pejabat IAIN lainnya, Kadis Kesehatan Kota Palopo, Irsan Anugrah, SKM, M.Kes serta tamu undangan.

Meresmikan Klinik Kesehatan IAIN Palopo pada acara soft launching, Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof Ali Ramdhani meminta kepada Pemkot Palopo agar kiranya mengawal dan memberi pendampingan terhadap Klinik Kesehatan IAIN Palopo.

“Mohon Pak Wali, Klinik IAIN didampingi dan dikawal, karena klinik ini bukan hanya untuk keluarga besar IAIN, juga bagi masyarakat umum tentunya,” ujarnya.

Dikatakannya, apapun itu tidak bisa dilakukan dengan sendirian, mesti dilakukan satu irama. Seperti klinik IAIN Palopo ini tentu perlu dukungan dari pemerintah setempat.

“Terima kasih kepada Pak Wali atas supportnya. Apalagi Klinik ini dilakukan dengan niat mulia bagaimana bisa bermanfaat bagi orang banyak,” sebut orang nomor satu di Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI ini.

Sementara itu, Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH, M.Si mengungkapkan adapun kota Palopo ini merupakan 30 Kota ternyaman di Indonesia.

“Satu hari tinggal disini, apalagi sudah minum air orang Palopo, berarti sudah jadi orang sini Pak,” ungkap Asrul yang disambut aplaus peserta yang hadir.

Dikatakannya Kota Palopo ini berada ditengah-tengah, merupakan kota persinggahan dari beberapa daerah. Sekaligus kota jasa, meskipun wilayahnya tidak terlalu luas namun dihuni 16 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

“Bahkan kita didukung sembilan rumah sakit, Alhamdulillah ditambah lagi ada lagi klinik IAIN Palopo,” sebutnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji menyebutkan adapun klinik kesehatan IAIN ini belum 100 persen penyelesaiannya.

“Namun kebetulan ada Pak Dirjen dan Direktur Diktis sekaligus kita soft opening, diresmikan langsung oleh beliau,” sebutnya.

Disampaikannya, meskipun bangunanya telah selesai namun alkes yang ada belum maksimal.

Sebagian telah terisi, sebagian lagi sementara menyusul.”Alhamdulillah saya sudah serahkan proposalnya ke Pak Direktur Diktis, Mas Inung,” tambahnya yang disambut tawa peserta yang hadir.

Untuk diketahui Klinik Kesehatan sendiri berada di wilayah kampus zona I IAIN Palopo, disamping Rektorat IAIN.(*)
Laporan : Arifin / kominfo

Pos terkait