Menuju Digitalisasi Pendidikan, Pj Walikota Palopo Buka Sosialisasi & Pelatihan Pemanfaatan Akun Belajar.Id

Palopo, metro-pendidikan.com — Penjabat Walikota Palopo, Asrul Sani, S.H., M.Si, membuka secara resmi Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Chromebook dan Akun Belajar.id. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kota Palopo bersama Tim REFO sebagai mitra kerja Google for Education itu dilaksanakan di Ruang Ratona Kantor Wali Kota Palopo, Senin, 16 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan digitalisasi, pelaksanaan cara belajar baru di Kota Palopo melalui pelatihan pemanfaatan chromebook dan akun belajar id.

“Saya berharap melalui sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan hari ini dapat meningkatkan peran serta dari bapak ibu guru di sekolah untuk bagaimana meningkatkan penggunaan akun belajar id, khususnya di Kota Palopo dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan,” jelasnya.

Asnita Darwis mengungkapkan, beberapa pekan yang lalu, dalam hal pemanfaatan belajar id, Kota Palopo, berada pada peringkat 23 dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. “Dan dari hal itu, kami jajaran dinas pendidikan bersama kepala sekolah melaksanakan kegiatan K3S sehingga menggenjot upaya pemanfaatan chromebook. Dari laporan tim REFO, kita sudah berada di posisi tiga teratas dari 24 kabupaten dan kota se Sulsel,” ujar Asnita.

Menurut Asnita, capaian ini tidak lepas dari perhatian Walikota Palopo yang selalu mendukung pelaksanaan digitalisasi di Kota Palopo serta tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama teman teman jajaran dinas pendidikan serta penekanan bapak ibu kepala sekolah terhadap bapak dan ibu guru untuk memanfaatkan chromebook akun belajar id di sekolah.

Berkaitan dengan program ini, lanjut Asnita, pelaksanaan program jawara belajar id yang digelar tim Google. Sehingga hari ini, bersama 9 kabupaten/kota di Indonesia, Kota Palopo menjadi salah satu yang dipilih dan dikunjungi tim Google dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek yang merupakan mitra dari Google.

“Ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk memberikan saran dan tanggapan agar bagaimana chromebook dan belajar id. Ini bisa kita maksimalkan penggunannya terutama untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi peserta didik di Kota Palopo”, ujarnya.

Pj Walikota Palopo Asrul Sani dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan jajarannya. “Kerja keras Dinas Pendidikan Kota Palopo patut diapresiasi karena dalam waktu yang singkat dapat menaikkan posisi Kota Palopo yang awalnya berada pada posisi 23 dari 24 kabupaten/kota di Sulsel menjadi tiga besar teratas,” ucap Asrul Sani dengan nada bangga.

Tidak hanya itu, Asrul Sani juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyelenggara yang telah menetapkan dan memberikan kepercayaan kepada Kota Palopo sebagai daerah yang dipilih untuk melakukan sosialisasi pemanfaatan chromebook.

Dirinya berharap agar ke depannya, digitalisasi harus dilaksanakan di setiap sekolah di Kota Palopo. “Kalau kita tidak mulai dari sekarang, maka kita akan ketinggalan. Kita harus mengikuti dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi,” ujarnya dengan nada menantang.

Sosialisasi dan pelatihan itu diikuti sebanyak 42 peserta dari SD dan SMP yang merupakan penerima chromebook dari 2020 sampai 2023. Kegiatan itu dihadiri juga tim Google for Education yang mengikuti kegiatan secara virtual, Tim REFO (mitra google) dan para kepala sekolah penerima manfaat Chromebook serta undangan lainnya. **

Laporan : Arifin Muha

Pos terkait