Kodim 1420/Sidrap Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara

SIDRAP, metro-pendidikan.com —  Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Arie Widarto bertindak sebagai Irup memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 di lapangan upacara Makodim 1420/Sidrap Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Majelling Wattang Kecamatan Marittengae Kabupaten Sidrap, Selasa (19/12/23).

Dalam rangka memperingati Hari Bela Negara setiap 19 Desember, seluruh warga negara dapat mengikuti pedoman pelaksanaan pembinaan kesadaran bela negara (PKBN). Implementasi kesadaran bela negara tersebut dapat dilakukan di lingkup pendidikan, masyarakat dan pekerjaan.

Nilai dasar atau unsur dasar pelaksanaan bela negara sebagaimana dimaksud dalam peraturan tersebut, yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan memiliki kemampuan awal bela negara.

Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Arie Widarto sebagai Irup membacakan amanat Presiden RI Ir. Joko Widodo mengatakan tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan
hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Semangat Hari Bela Negara Ke-75 “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju.”(*)

Laporan : Darwis

Pos terkait