Digelar Deklarasi Bersama, Polres Palopo Basmi Balap Liar Gunakan Knalpot Brong

Palopo, metro-pendidikan.com – 
Balapan liar yang menggunakan knalpot brong sungguh meresahkan warga di mana saja berada. Merespon potensi gangguan Kamtibmas itu, Polres Palopo mengandeng sejumlah pihak agar balapan liar tidak terjadi lagi di kota yang berjuluk Idaman ini.

Upaya serius itu, tampak Satlantas Polres Palopo bersama pelajar, mahasiswa, bikers dan komunitas ojek se-Kota Palopo menggelar deklarasi zero knalpot Brong atau yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis (spektek).

Dalam deklarasi ini dilaksanakan pemusnahan knalpot yang tidak sesuai dengan spektek oleh Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Rusdi Yunus. Pemusnahan ini disaksikan para pelajar, mahasiswa, bikers dan komunitas ojek

AKP Rusdi Yunus menyatakan deklarasi ini merupakan langkah bersama antara kepolisian dan masyarakat untuk meminimalkan penggunaan knalpot yang tidak sesuai dengan spektek dan untuk mempromosikan keselamatan lalu lintas.

“Knalpot yang tidak sesuai dengan spektek hanya boleh digunakan untuk balapan dan itu pun harus dilakukan di sirkuit atau lintasan balapan. Pemasangan knalpot di luar spektek di kendaraan yang melintas di jalan raya tidak diizinkan,” tegas Kasat Lantas Polres Palopo.

Menurut Rusdi Yunus, deklarasi zero knalpot tidak sesuai spektek adalah upaya kolaboratif antara kepolisian dan komunitas otomotif untuk menjaga ketertiban lalu lintas dan keamanan pengguna jalan. **

Laporan : Arifin Muha

Pos terkait