Studi Banding di Batu, Walikota Batu Siap Berkolaborasi Dan Kerjasama Pemkot Palopo Wujudkan Sister City

Batu, metro-pendidikan.com — Penjabat Walikota Palopo Asrul Sani, SH, M.Si pimpin studi banding di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur (Jatim) Senin (23/10) lalu. Mereka diterima langsung oleh Walikota Batu Aries Agung Paewai beserta jajarannya bertempat di Balaikota Among Tani, Kota Batu.

Kunjungan Pemkot Palopo di kota wisata tersebut, menurut Asrul Sani untuk bertukar informasi dan pengalaman terkait pengelolaan dan penanganan persampahan, pengembangan wisata berbasis industri sebagaimana yang diterapkan di Kota Batu serta pola pembinaan UMKM.

Dipilihnya Kota Batu sebagai lokus studi banding, sebut Asrul Sani, mengingat Kota Palopo memiliki kesamaan dengan Kota Batu, yakni sama sama tumbuh dan berkembang berbasis pada layanan dan jasa.

Hal senada diungkapkan oleh Walikota Batu Aries Agung Paewai bahwa atas kesamaan tersebut pihaknya bahkan siap berkolaborasi dan kerjasama dengan Pemkot Palopo dalam rangka mewujudkan sister city.

Walikota Batu mengungkapkan bahwa daerah yang dipimpinnya memiliki 3 kecamatan dan 26 kelurahan dan desa. “Batu ini satu satunya kota otonom yang memiliki wilayah pedesaan” ungkapnya sambil menyampaikan bahwa fokus pengembangan pembangunan di Kota Apel ini adalah pada sektor pertanian, pariwisata dan pembinaan UMKM.

Dalam hemat dia, ketiga sektor ini difokuskan karena saling berkaitan satu sama lainnya. Selain itu Pemkot Batu juga fokus pengelolaan persampahan, mengingat Kota Batu adalah salah satu destinasi wisata andalan Jawa Timur.

Setelah diterima di Balaikota, Asrul Sani beserta rombongan melakukan kunjungan langsung ke sejumlah lokasi untuk melihat potensi yang dapat diterapkan di Kota Palopo.

Turut mendampingi dalam kunjungan selama dua hari tersebut antara lain Sekkot Palopo, Kadis LH, Kadis Koperasi, Kadis Pertanian, Kadis PTSP, Kadis Pariwisata, Kepala Bappeda, Kepala Balitbangda, Kadis Pertanahan, Kadis Tenaga kerja Kota Palopo.**

Laporan: Arifin Muha

Pos terkait