Polres Palopo Bakti Sosial Tanam Pohon Dukung Program Penghijauan dan Ketahanan Pangan

Palopo. metro-pendidikan.com — ┬áKepolisian Resort (Polres) Kota Palopo beserta jajaran melaksanakan bakti sosial dalam bentuk penanaman pohon secara serentak di sejumlah Polsek dalam wilayah hukum Polres Palopo, Rabu (15/11/23) kemarin..

Giat peduli lingkungan dan ruang hijau itu, diungkapkan Kapolsek Wara, AKP Jhon Paerunan. Bahkan, dia menjelaskan, kegiatan ini
merupakan bentuk kepedulian Polri terhadap lingkungan dan dilaksanakan secara serentak di sejumlah lokasi di seluruh wilayah Indonesia

Dia juga mengatakan, gerakan penanaman pohon di setiap Polsek dalam wilayah Kota Palopo ditindaklanjuti melalui perintah langsung dari Kapolres Palopo AKBP Safi’i Nafsikin untuk menggerakkan budaya penghijauan di masyarakat.

“Untuk wilayah Polsek Wara kegiatan penanaman pohon dilakukan di Kecamatan Mungkajang dimana ada beberapa jenis bibit pohon yang ditanam seperti mangga, alpukat dan rambutan,” ujar Kapolsek Wara AKP Jhon Paerunan.

Senada dengan hal tersebut, Kapolres Palopo AKBP Safi’i Nafsikin mengatakan, upaya ini merupakan aksi Polri dalam melestarikan bumi seperti yang digagas oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kami ingin memberikan kontribusi nyata di wilayah hukum Polres Palopo dengan salah satu program Polri yakni penghijauan,” ungkap AKBP Safi’i Nafsikin sembari menyebutkan komitmennya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai bentuk program ketahanan pangan, dimana bibit yang di tanam berupa alpukat, mangga, pisang dan berbagai bibit pohon lainnya.

Kapolres Palopo ini berharap semoga dengan adanya kegiatan penanaman pohon ini dapat bermanfaat bagi kepentingan masyarakat umum serta sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan nasional khusus lingkup Polres Palopo.

Sekadar diketahui, penanaman pohon dipilih pihak Polri sebagai salah satu bentuk kontribusi karena pohon memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem, menghasilkan oksigen, dan mereduksi dampak perubahan iklim. **

Laporan : Arifin Muha

Pos terkait