Biro SDM Polda Sulsel Gelar Support Psikologi Pastikan Kesiapan Mental Personil Terlibat Dalam OMB.

Makassar, metro-pendidikan.com – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan melalui Bagian Psikologi Biro SDM secara kontinyu memberikan pelayanan support mental (psikologi) bagi personil yang terlibat dalam pengamanan Operasi Mantap Brata (OMB) untuk mengamankan TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pemilu 2024.
Kegiatan ini digelar di Lapangan Bulu Tangkis Palawa Polda Sulsel, Rabu (6/2) kemarin.

Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sulsel AKBP Udin Yulianto, S.Psi., M.Psi menjelaskan, support psikologi yang dilaksanakan pihaknya ini merupakan sebuah pelayanan yang dilakukan Bagian Psikologi berupa sentuhan, pemberi perhatian, olah rasa dan terapi psikologi disingkat dengan SUPPORT-PSI.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai wujud dukungan kepada personel yang terlibat dalam kegiatan Operasi Mantap Brata (OMB) yang bertujuan untuk pemeliharaan kondisi psikologis personil, ” ujar AKBP Udin Yulianto.

Selain itu kegiatan ini juga secara rutin dilakukan oleh Bagian Psikologi sebagai wujud dukungan kepada personel untuk memastikan kesiapan mental personil saat melaksanakan pengamanan OMB agar dapat bertugas secara optimal pada pengamanan Pemilu.

AKBP Udin Yulianto menambahkan SUPPORT-Psi ini diisi dengan kegiatan yang menyenangkan sehingga menciptakan suasana gembira, namun tidak lepas dari esensi dan tujuan yang ingin dicapai.

Adapun rangkaian kegiatan SUPPORT-Psi dimulai dengan arahan tentang kesehatan mental, dilanjutkan dengan kegiatan Fun Game berupa pembagian kelompok dan aksi yel-yel dari peserta yang didampingi oleh fasilitator,”ujarnya dengan nada mantap.

Dia juga menerangkan, setelah tim terbentuk game mulai dijalankan yang dipandu oleh Fasilitator, game pertama berupa tembak sasaran, game kedua estafet hula hoop dan game ketiga antonim jump. Selesai game peserta diberikan learning point, kegiatan fun game kemudian ditutup dengan tarian bahagia yang dipandu oleh fasilitator. Kegiatan ini dimaksudkan agar personel Polda Sulsel memiliki mental sehat dan kerja hebat.**

Laporan : Arifin Muha

Pos terkait