Dosen Dan Mahasiswa IAIN Bone Lakukan Kegiatan Pengabdian Internasional Di Malaysia

Bone-metro-pendidikan.com. Sejumlah dosen dan lima mahasiswa IAIN Bone akan berangkat ke Malaysia melakukan kegiatan pengabdian sebagai bagian dari program Tri Dharma Perguruan Tinggi, mulai 31 Mei sampai 6 Juni 2024. Mereka dilepas Wakil Rektor 1 Prof Dr Amir dan Wakil Rektor 3 Prof Dr Lukman Arake di Aula Senat IAIN Bone, Rabu (29/5/2024).

Mereka adalah Dr Siti Nikmah Marzuki, Ketua Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Pascasarjana beserta satu mahasiswa perwakilan pascasarjana, Dr Jumriani Nawawi Ketua Prodi Hukum Tata Negara Pascasarjana dan satu mahasiswa perwakilan FSHI serta Dr Kurniati Abidin Ketua Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam beserta tiga orang mahasiswa perwakilan Prodi KPI.

Agenda pertama yaitu melakukan benchmarking ke Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Kemudian pengabdian ke salah satu sekolah binaan UKM dan kunjungan ke salah satu industri coklat yakni Beryl’s dan terakhir kunjungan media maenstrim.

Rektor IAIN Bone Prof Amir berpesan untuk memaksimalkan kunjungan ini sebagai langkah memajukan institusi. “Yang kita harapkan dapatkan ilmu dulu. Kedua experience atau pengalaman. Pengalaman adalah guru terbaik. Dari pengalaman berkunjung ke sana kita dapat aplikasikan di sini,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar membawa kesan positif dan tetap memperkenalkan eksistensi IAIN Bone sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Prof Lukman menjelaskan bahwa kegiatan ini mendukung dan mewujudkan salah satu poin dalam Indikator Kinerja Rektor (IKU). Yakni pengabdian internasional yang juga merupakan instruksi Menteri Agama RI.

“Ini adalah langkah yang sangat baik dan tentu saja memiliki poin besar. Setiap kali pertemuan dengan Menteri Agama selalu ditekankan bagaimana mahasiswa dan dosen atau civitas akademika dimobilisasi melakukan kegiatan berskala internasional,” jelas Prof Lukman.

Ia juga meminta nanti banyak berkomunikasi dengan pihak akademik kampus untuk kerja sama dapat ditindaklanjuti ke tingkat yang lebih jauh.

“Kami sangat berharap ini bukan kunjungan yang terakhir ke sana. Kita berharap dapat dilanjutkan kerja sama lebih jauh”, ucapnya.

Kegiatan pelepasan ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Islam Dr Astuti dan Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Dr Sarifah Suhrah serta Maadul Yaqien Makkarateng perwakilan International Office IAIN Bone.**

Laporan : Abustan/A.Haris

Pos terkait